Pages

Minggu, 09 Desember 2012

MENGAMANKAN MINYAK TRAFO DARI KONTAMINASI AIR



 Dalam rangka menekan angka gangguan serta menekan beaya pemeliharaan jaringan dis tribusi listrik,  diantaranya adalah memelihara trafo distribusi. Salah satunya adalah  mence gah / mengamankan minyak trafo dari kontaminasi air / masuknya air kedalam trafo.  Umumnya air yang masuk adalah akibat dari udara lembab dan air hujan, dikarenakan adanya proses  pernapasan pada trafo.

Hal ini perlu dilakukan karena :

-          Minyak  trafo sangat peka / mudah rusak bila terkontaminasi dengan  air.Dan bila minyak rusak dengan sendirinya trafo akan rusak juga.

-          Banyak dijumpai trafo distribusi yang belum begitu lama beroperasi, tetapi mengalami gangguan dan ternyata setelah diteliti,  pada tangki minyak sudah terdapat  endapan air.

-          Trafo distribusi mempunyai banyak model / desain dan masing-masing desain punya cara pemeliharaan sendiri-sendiri.

-          Pemeriksaan minyak trafo SOP nya relatif sama, sedangkan desainnya berbeda-beda.

-          Harga trafo mahal sehingga tidak ada persediaan untuk pemeliharaan akibatnya bila terjadi kerusakan trafo, penanganannya agak sulit dan memakan waktu yang cukup lama. Tentu saja hal ini akan dikeluhkan pelanggan dan bisa merusak citra PLN.

Oleh karena itu mengamankan minyak tafo dari  kontaminasi  air  mutlak harus dilaksanakan.

Cara yang paling tepat adalah melakukan pencegahan  sesuai dengan desain masing-masing trafo itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar